TIPS Membuat CV dg Standar Internasional
TIPS Membuat CV dg Standar Internasional
TIPS Membuat CV dg Standar Internasional
TIPS Membuat CV dg Standar Internasional
TIPS Membuat CV dg Standar Internasional
HALLO PARA PENCARI PELUANG!!
Seperti yg pernah saya tulis, CV berstandar Internasional
itu yg pasti harus berbahasa Inggris, tdak dipasang foto di dlmnya dan maksimal
2 lembar.
alasan kenapa foto tdak dicantumkan dlm CV adlah untk
menjamin tdak adanya unsur subyektifitas para HRD dan Project manager dlm mnerima
pegawai (seleksi CV lebih objektif). Kan kasihan kalau tidak diterima hanya
karena di foto wajahnya "kurang ganteng/kurang cantik" padahal skill
dan pengalamannya bagus. Lain halnya memang kalau untk pekerjaan yg mnuntut
penampilan fisik.
tapi kalau saking banyaknya skill sama pengalaman kerja yg
dimiliki, ya 2 lembar boleh, tapi ingat maksimal 2 lembar aja ya, kecuali kalau
memang anda sudah senior dan expert banget, jadi saking banyaknya pengalaman dan
skill yg dikuasai, yaaa 3 lembar bolehlah.
TIPS Membuat CV dg Standar Internasional
baca juga artikel ini
Tips menghadapi wawancara di perusahaan multi nasional
Untk membuat CV dg standar Internasional, ada beberapa
format yg perlu anda ketahui:
1. Top of the Page: Contact Information
Isinya adalah : Nama, alamat, nomor telepon dan alamat email.
2. Second Section: Profile atau personal summary
Lalu diisi dg profile anda. Ingat profile di sini adlaah
tentang rangkuman gambaran diri anda secara profesional.
section ini adlah section yg paling penting mas/mbak, karena
pada section ini adlah section yg paling dicermati oleh para HR recruiter. Dan
rata-rata HR recruiter itu mmpelajari CV anda hanya 5-7 detik saja! Jadi di sinilah
bagian CV paling penting dari anda untk 'jualan'. Rangkum semua pengalaman yang
anda miliki, mulai dari keahlian utama anda, baik soft skill maupun hard skill,
lalu sasaran atau tujuan yg anda cari (career objective). Buatlah semenarik
mungkin.
tapi harap diingat, ini profile summary, jadi buatlah
singkat dan sepadat mungkin, karena msih ada section yg lainnya.
TIPS Membuat CV dg Standar Internasional
baca juga artikel ini
3. Third Section: Key Skills
Jika HR Recruiter melihat summary anda cukup layak untk
pekerjaan yg dibuka, maka merka pasti akn lanjut ke section berikutnya. Nah, di
section inilah anda harus mebuat dagangan anda terlihat lebih menarik lagi.
keahlian utama adlah keahlian yg anda kuasai dan mrupakan nilai jual utama yg
anda tawarkan ke employer.
4. Fourth Section: Achievement
Di section ini, cantumkan smua prestasi anda. Untk fresh
graduate bisa dicantumkan prestasi akademik yg menonjol atau pengalaman
berorganisasi atau apapun itu yg menunjang profesi yg akan anda lamar di dunia
kerja.
Kalau anda tidak punya prestasi ya tidak perlu dibuat saja
section ini
5. Fifth Section: Professional Experience
Untk fresh graduate, jika ada pengalaman magang atau
internship, bisa dicantumkan. Untk yang profesional, cantumkan pengalaman kerja
anda mulai dari yg paling baru dulu ya.
Formatnya : Pertama jabatan anda, dilanjut dg periode
menjabat, dilanjut dg nama perusahaan tempat anda bekerja dan terakhir tugas2
dan tanggung jawab anda dlm jabatan tersebut.
Ini contohnya :
Instead of,
Answering all incoming calls and enquiries from client.
Answering all incoming calls and enquiries from clients
promptly and professionally all the time to ensure client's satisfaction.
6. Sixth Section: Education
Di section ini anda cantumkan riwayat pendidikan anda mulai
dari yg terakhir.
Formatnya : nama sekolah atau universitas, jurusan, periode
belajar sampai lulus, daftar prestasi akademik kalau ada (merit atau cumlaude)
7. Last Section: References
Jangan lupa, selalu akhiri CV agan dg referensi orang lain. referensi
yg anda bukan orang tua atau teman atau saudara anda, tapi client, atasan
ataupun bahkan bawahan anda, rekan kerja. Untk para fresh graduate, orang yg
dikenal saat magang juga bisa. Tapi buat yg belum pernah magang, yah, minimal
dosen pembimbing juga bisa.
Sumber :
dayjob.com, monster.com, bayt.com, Kaskus.co.id, linkedin,
0 comments:
Post a Comment